Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
| 1. Program Studi S1 Arsitektur / Teknik Arsitektur |
Gelar Lulusan : S.Ars. atau S.T. atau Ir. atau SArs. atau ST. atau Ir.| Prospektus S1 Arsitektur (Teknik Arsitektur) |
Kompetensi Lulusan S1 Arsitektur
Lulusan Program Studi Arsitektur dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan perencanaan dan perancangan arsitektur berbasis teknologi informasi untuk merancang bangunan dan lingkungannya serta semua aspek yang berkaitan dengan bidang arsitektur, interior, arsitektur lansekap, perancangan tapak, struktur bangunan terpadu, perumahan dan pemukiman, urban desain atau perancangan kota, komputasi model arsitektur, perancangan ruang luar, teori arsitektur, sains arsitektur dan teknologi, struktur dan konstruksi arsitektur yang berkaitan dengan pengembangan konstruksi, struktur, dan bahan bangunan; memiliki kemampuan menggunakan teknologi Informasi dalam perancangan aristektur; memahami pengetahuan dasar teknik arsitektur, khususnya berkaitan dengan teori, sejarah, merancang bangunan dan lingkungannya dengan baik; memiliki kepekaan dan tanggungjawab yang tinggi terhadap terjaganya kualitas lingkungan yang baik bagi keberlangsungan hidup masyarakat; menghayati dan mengamalkan kode etik arsitek dalam keilmuan, penelitian dan profesi, dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Arsitektur adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang arsitektur; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang arsitektur, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang arsitektur, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Arsitektur memiliki integritas yang kuat, kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan mengikuti perkembangan pengetahuan di bidang arsitektur, kemampuan memimpin orang lain, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Arsitektur
Sarjana Arsitektur dapat bekerja dan berkarir sebagai entreprenuer (wirausahawan), konsultan atau kontraktor, akademisi atau peneliti di perguruan tinggi negeri, swasta, dan lembaga penelitian; atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer profesional, pengawas, atau tenaga ahli di bidang arsitektur, interior, arsitektur lansekap, perancangan tapak, struktur bangunan terpadu, perumahan dan pemukiman, urban desain atau perancangan kota, komputasi model arsitektur, perancangan ruang luar, teori arsitektur, sains arsitektur dan teknologi, struktur dan konstruksi arsitektur yang berkaitan dengan pengembangan konstruksi, struktur, bahan bangunan, dsb.;
Berkarir sebagai Arsitek Profesional di Lembaga Pemerintahan, Organisasi Swasta, di berbagai departemen dan lembaga seperti di Departemen Pekerjaan Umum dan Perencanaan Kota Indonesia dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.
Menjadi Entreprenuer (Wirausahawan) dengan membangun jasa konsultan atau kontraktor berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
| Mata Kuliah S1 Arsitektur |
* = Mata Kuliah Pilihan Kekhususan / Pilihan Umum
| Mata Kuliah | SKS | | Anggaran Biaya * | 2 | | Antropologi Arsitektur | 3 | | Aplikasi Komputer dalam Arsitektur | 3 | | Arsitektur Asia | 3 | | Arsitektur Komunitas I * | 3 | | Arsitektur Komunitas II * | 3 | | Arsitektur Kota | 2 | | Arsitektur Lingkungan * | 2 | | Arsitektur Vernakular | 3 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | CAD 2 dan 3 Dimensi * | 3 | | CAD Lanjutan (3 Dimensi) * | 3 | | Dasar Manajemen * | 2 | | Dokumen Konstruksi * | 3 | | Ekologi Permukiman | 2 | | Ekonomi Bangunan | 3 | | Ekonomi Teknik | 3 | | Estetika Bentuk I | 2 | | Estetika Bentuk II | 2 | | Etika dan Praktek Keprofesian | 2 | | Fisika Bangunan I | 2 | | Fisika Bangunan II | 2 | | Fonemenologi Arsitektur | 3 | | Ilmu Budaya Dasar | 2 | | Ilmu Gaya dan Statistika * | 3 | | Ilmu Lingkungan | 2 | | Ilmu Sosial Dasar | 2 | | Interior I | 2 | | Interior II | 2 | | Interior Lanjut * | 2 | | Kajian Literatur * | 2 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis | 3 | | Komunikasi Arsitektur * | 3 | | Konstruksi Bangunan | 3 | | Konstruksi Bangunan Lanjut * | 3 | | Kota dan Permukiman I | 2 | | Kota dan Permukiman II | 2 | | Kota dan Permukiman Lanjut * | 3 | | Kritik Arsitektur | 3 | | Lansekap | 3 | | Manajemen Konstruksi | 3 | | Manajemen Proyek | 2 | | Matematika | 2 | | Mekanika Teknik | 3 | | Menggambar Arsitektur | 3 | | Menggambar Teknik | 2 | | Metode Perancangan Arsitektur I | 2 | | Metode Perancangan Arsitektur II | 2 | | Metode Perancangan Arsitektur Lanjut * | 2 | | Metodologi Penelitian | 2 | | Pemugaran Bangunan | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Pengantar Arsitektur | 2 | | Pengantar Perancangan Pemukiman | 2 | | Pengantar Perencanaan Kota | 2 | | Pengantar Real Estate | 3 | | Perancangan Kota * | 3 | | Perancangan Pemukiman * | 3 | | Perancangan Tapak | 3 | | Perencanaan dan Manajemen Bangunan * | 2 | | Perencanaan dan Manajemen Kota * | 2 | | Perencanaan dan Manajemen Pemukiman * | 2 | | Perilaku dalam Arsitektur | 2 | | Perkembangan Arsitektur I | 2 | | Perkembangan Arsitektur II | 2 | | Perkembangan Arsitektur Lanjut * | 2 | | Pranata Pembangunan | 2 | | Psikologi Arsitektur * | 3 | | Sejarah Arsitektur * | 2 | | Seminar | 2 | | Seni dalam Arsitektur | 3 | | Seni Rupa Dasar * | 3 | | Sistem Informasi Geografis * | 2 | | Struktur dan Konstruksi I | 2 | | Struktur dan Konstruksi II | 2 | | Struktur dan Konstruksi III | 3 | | Struktur dan Konstruksi IV | 3 | | Struktur dan Konstruksi V | 3 | | Struktur dan Konstruksi VI | 3 | | Studi Mandiri | 3 | | Studio Perancangan Arsitektur I | 4 | | Studio Perancangan Arsitektur II | 4 | | Studio Perancangan Arsitektur III | 4 | | Studio Perancangan Arsitektur IV | 4 | | Studio Perancangan Arsitektur V | 4 | | Studio Perancangan Arsitektur VI | 4 | | Studio Perancangan Arsitektur VII | 4 | | Tata Ruang dalam * | 3 | | Tata Ruang Luar * | 3 | | Tehnik dan Bahan Bangunan * | 3 | | Tehnik Pelaksanaan Konstruksi * | 2 | | Teknik Komunikasi Arsitektural * | 2 | | Teknologi Bahan Bangunan I | 2 | | Teknologi Bahan Bangunan II | 2 | | Teknologi Bahan Bangunan III | 2 | | Teknologi Bahan Bangunan Lanjut * | 2 | | Teknologi Lingkungan | 3 | | Teori Arsitektur I | 2 | | Teori Arsitektur II | 2 | | Teori Arsitektur Lanjut * | 2 | | Tipologi Bangunan | 2 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 8 | | Utilitas | 2 | | Utilitas Lanjut * | 2 |
|
|
| 2. Program Studi S1 Teknik Informatika |
Gelar Lulusan : S.T. atau S.Kom. atau S.Si. atau Ir. atau ST. atau SKom. atau SSi. atau Ir.| Prospektus S1 Teknik Informatika |
Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.
Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.
Teknik Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika
Lulusan Program Studi Teknik Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika
Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.
Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.
| Mata Kuliah S1 Teknik Informatika |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Algoritma dan Pemrograman | 3 | | Aljabar Linier dan Matrik | 3 | | Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | | Analisa dan Perancangan Perangkat lunak * | 4 | | Analisa dan Perencanaan Sistem * | 3 | | Aplikasi Komputer | 3 | | Aplikasi Multimedia * | 2 | | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | | Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Ilmiah | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bahasa Rakitan * | 2 | | Basis Data | 3 | | Client-Side Scripting * | 3 | | Dasar Komputer | 2 | | Dasar Router * | 3 | | Data Mining * | 2 | | Data Ware House * | 2 | | Etika Profesi | 2 | | Fisika Dasar | 3 | | Fisika Modern * | 3 | | Grafik Komputer * | 3 | | Hukum Bisnis * | 2 | | Intelegensi Buatan * | 2 | | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | | Jaringan komputer dan Keamanan Data I | 4 | | Jaringan Komputer dan Keamanan Data II * | 4 | | Kalkulus I | 2 | | Kalkulus II | 2 | | Keamanan Jaringan * | 3 | | Keamanan Komputer * | 3 | | Kecakapan Antara Personal * | 2 | | Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) | 4 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis | 3 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis Lanjut * | 2 | | Kimia Dasar * | 2 | | Komputer dan Masyarakat | 3 | | Komputer Grafik * | 3 | | Komunikasi Data * | 3 | | Konsep Bahasa Pemrograman * | 3 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Kriptografi * | 3 | | Logika Informatika | 3 | | Manajemen Jaringan * | 2 | | Manajemen Proyek Perangkat Lunak | 3 | | Manajemen Proyek Teknologi Informasi * | 3 | | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | | Matematika Distrik | 3 | | Metode Numerik * | 3 | | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | | Microprogramming * | 3 | | Model dan Simulasi (Praktek) * | 3 | | Multimedia * | 3 | | Multimedia 3D dan Animasi * | 2 | | Oracle * | 4 | | Pemodelan 2D / 3D * | 3 | | Pemodelan dan Simulasi * | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pemrograman Assembler * | 3 | | Pemrograman Berorientasi Objek | 3 | | Pemrograman C++ * | 3 | | Pemrograman Jaringan * | 3 | | Pemrograman P/L SQL * | 4 | | Pemrograman Visual Client Server * | 3 | | Pemrograman Visual Multitier * | 3 | | Pemrograman Web Enterprise * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila | 2 | | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | | Pengolahan Citra * | 3 | | Perancangan Basis Data * | 3 | | Perancangan OOP + Praktikum | 3 | | Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 1 | | Praktikum Analisa Berorientasi Objek | 1 | | Praktikum Bahasa Rakitan * | 1 | | Praktikum Basis Data | 1 | | Praktikum Dasar Kopumter | 1 | | Praktikum Data Warehouse dan Data Mining * | 1 | | Praktikum Fisika Dasar | 1 | | Praktikum Hardware dan Software | 4 | | Praktikum Jaringan | 1 | | Praktikum Kecerdasan Buatan * | 1 | | Praktikum Konsep Bahasa Pemrograman | 1 | | Praktikum Linux | 4 | | Praktikum Multimedia | 1 | | Praktikum Pemograman Mobile Java * | 4 | | Praktikum Pemrograman Orientasi Objek | 1 | | Praktikum Pemrograman Web | 1 | | Praktikum Perancangan Basis Data | 1 | | Praktikum Php MySQL | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop I * | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop II * | 4 | | Praktikum Sistem Multimedia * | 1 | | Praktikum Sistem Operasi | 1 | | Praktikum Struktur Data | 1 | | Praktikum Vb.Net * | 4 | | Rangkaian Digital * | 3 | | Rekayasa Perangkat Lunak I + Praktek * | 4 | | Rekayasa Perangkat Lunak II + Praktek * | 4 | | Riset Teknologi Informasi | 3 | | Seminar Tugas Akhir | 1 | | Server-Side Scripting * | 3 | | Sistem Basis Data | 3 | | Sistem Berkas * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Sistem Keamanan Komputer * | 3 | | Sistem Multimedia * | 3 | | Sistem Operasi | 3 | | Sistem Perangkat Lunak * | 3 | | SQL Server * | 4 | | Statistika dan Probabilitas | 3 | | Struktur Organisasi Data | 3 | | Teknik Kompilasi * | 3 | | Teknik Simulasi * | 2 | | Teknologi dan Sistem Basis Data* | 3 | | Teori Bahasa dan Automata * | 3 | | Teori Komputasi * | 2 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
|
|